Sistem Pengelolaan Apartemen Mahasiswa

Susunan dan tugas pengelola pada umumnya adalah sebagai berikut:
1. Direktur utama, bertugas mengkoordinasikan berlangsungnya kegiatan kepegawaian, keuangan, dan tata usaha pada apartemen. Terdiri dari presiden direktur satu orang dan satu orang sekretaris.
2. Manajer properti, bertugas mengatur sistem persewaan apartemen. Terdiri dari satu orang manager, dibantu oleh tiga orang staf.
3. Manajer keuangan, bertugas mengatur sistem administrasi dan keuangan pada apartemen. Terdiri dari satu orang manajer, dibantu tiga orang karyawan.
4. Bagian pemasaran dan hubungan masyarakat, bertugas mengatur pemasaran dan iklan apartemen serta mengelola hubungan antara apartemen dan pihak luar. Terdiri dari satu orang manajer dan
empat orang karyawan.
5. Bagian umum dan personalia, bertugas mengatur dan mengawasi karyawan yang berkerja di apartemen. Terdiri dari satu orang manajer dan tiga orang karyawan.
6. Penerangan atau Resepsionis, bertugas menerima pesan, menerima pengaduan dan informasi dari penghuni apartemen, dan menjadi penerima untuk para tamu penghuni. Terdiri dari tiga orang karyawan.
7. Pengelola administrasi dan fasilitas, terdiri satu kepala bagian yang mengatasi:
    a. Pengelola fasilitas penitipan anak, terdiri dari empat orang perawat anakdan dua orang bagian administrasi.
    b. Pengelola fasilitas spa dan salon, terdiri dari enam orang kapster, enamorang pelayan spa, dan satu orang bagian administrasi.
    c. Pengelola fasilitas restoran, terdiri dari satu orang manajer restoran,satu orang kasir, empat orang koki, empat orang pelayan restoran, danempat orang petugas kebersihan.
   d. Pengelola fasilitas apotek dan klinik, terdiri dari satu orang resepsionis,satu orang kasir, satu orang penjaga apotek, dua orang apoteker, dansatu orang dokter jaga.
   e. Pengelola fasilitas fitness center dan aerobic, terdiri dari satu orangresepsionis, enam orang pelatih fitness, empat orang bagian perawatanalat, dan dua orang administrasi.
   f. Pengelola fasilitas kolam renang, terdiri dari satu orang resepsionis,empat orang pelatih, dua orang bagian perawatan, dan satu orang bagianadministrasi.
8. Mekanikal dan elektrikal, bertugas memelihara dan melakukan perbaikan seluruh unsur mekanikal dan elektrikal bangunan. terdiri dari satu orang kepala bagian dan tiga orang staf.
9. Perawatan bangunan, bertugas untuk memelihara, merawat, danmemperbaiki bangunan apartemen. Terdiri dari satu orang kepala bagian,empat orang staf perawatan gedung, empat orang staf perawatan luargedung, dan tiga orang staf sistem operasional bangunan.
10. House keeping, bertugas untuk mengatur kegiatan rumah tangga seperticleaning dan laundry. Terdiri dari satu kepala bagian, 14 orang petugaskebersihan, dan lima orang petugas laundry.
11. Security, bertugas menjaga keamanan penghuni apartemen. Terdiri darisatu orang kepala bagian, delapan orang petugas keamanan, dan tujuhorang petugas parkir.
Penjabaran di atas didasarkan pada struktur organisasi kepegawaian sebagai berikut:

































(Sumber :dikuip dari skripsi Tommy Yanuar, Apartemen dengan konsep tropis di
Kota Yogyakarta, 2014)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebutuhan Ruang

contoh Surat Kontrak Kerjasama per termin