Klasifikasi Penghuni Apartemen

Agar kebutuhan para penghuni apartemen dapat terpenuhi maka berbagai kebutuhan tersebut dapat meliputi sebagai berikut :

2.7.1. Kebutuhan Kenyamanan
Di dalam suatu tempat tinggal kenyamanan sangatlah mutlak diperlukan dan jika didalam apartemen ada 3 tingkat kenyamanan yang harus dipenuhi yaitu :

1. Kenyamanan Termal
Ini merupakan kenyamanan dari suhu udara. Suhu udara di dalam ruangan yang nyaman itu berkisar 240C. untuk mendapatkan suhu udara yang nyaman maka ruang yang digunakan perlu dikondisikan secara baik dan alami dengan cara memberikan ventilasi maupun dengan menggunakan fan atau air conditioner.
2. Kenyamanan penglihatan
Hal ini sangatlah berhubungan dengan pencahayaan karena ada 2 macam pencahayaan yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Untuk penggunaan di dalam apartemen biasa menggunakan pencahayaan alami yaitu pada saat siang hari, akan tetapi untuk malam hari tetap diperlukan suatu pencahayaan buatan.
3. Kenyamanan akustik
Yang dimaksud dengan kenyamanan akustik adalah kenyamanan dari gangguan suara kebisingan misalnya yang disebabkan oleh keributan para tetangga atau unit hunian yang berada di sekitarnya. Kenyamanan akustik sendiri dapat dilakukan dengan alami dan buatan, untuk alami sendiri biasa
dilakukan dengan mengurangi jumlah bukaan serta memasang barrier pada sekeliling apartemen, sedangkan untuk kenyamanan secara buatan dapat dengan penggunaan material yang meredam suara pada ruangan di dalamnya.

2.7.2. Kebutuhan Privasi
Ini merupakan kebutuhan akan ketenangan dan kenyamanan yang tinggi. Baik bagi pribadi maupun keluarga didalam satu unit hunian, antar hunian didalam satu lantai, ataupun didalam satu bangunan dari apartemen tersebut. Kebutuhan privasi sangat mutlak dipenuhi.

2.7.3. Kebutuhan Interaksi Sosial
Kebutuhan interaksi sosial ini ada di dalam apartemen para penghuni hidup bersama-sama dengan para penghuni lain sehingga akan terjadi interaksi sosial baik dengan tetangga antar penghuni ataupun dengan lingkungan sekitar.

2.7.4. Kebutuhan Keamanan
Seperti bangunan yang lain kebutuhan akan keamanan sangatlah perlu dan harus dipenuhi karena kebutuhan keamanan tersebut dapat meliputi keamanan fisik dan psikologis. Keamanan fisik sendiri meliputi gangguan dari luar dan keamananpsikologis adalah kebutuhan akan rasa aman.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebutuhan Ruang

Sistem Pengelolaan Apartemen Mahasiswa

contoh Surat Kontrak Kerjasama per termin